RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 2
Standar
Kompetensi
-
Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
Kompetensi
Dasar
1.1 Melaksanakan pengamatan objek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan
abiotik
Indikator
a)
Menjelaskan pengertian lingkungan biotik
dan abiotik
b)
Menyebutkan komponen biotik dan
komponen abiotik
c)
Membedakan gejala alam kebendaan
dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan beserta contoh
d)
Membedakan gejala alam kebendaan
dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan beserta contoh
A.
Alokasi Waktu : 4 jam x 40’ ( 2 x pertemuan )
B.
Tujuan Pembelajaran
A.
Produk
1)
Siswa dapat mengenal ciri-ciri konsep
gejala alam biotik dan abiotik
2)
Siswa dapat menberikan contoh
gejala alam biotik dan abiotik
3)
Siswa dapat menerapkan sikap ilmiah
4)
Siswa dapat memiliki ketrampilan
dalam melakukan pengamatan objek
B. Proses
1)
Siswa dapat melakukan objek
pengamatan dari komponen biotik dan abiotik
2)
Siswa dapat membuat dan
menganalisis data pada pengamatan pada
gejala alam
C. Ketrampilan
sosial
1)
Siswa dapat berpartisipasi dalam
proses pengamatan gejala alam
2)
Siswa dapat mengajukan pertanyaan
dalam pembelajaran gejala alam
3)
Siswa dapat menjawab pertanyaan / menyampaikan
pendapat
C.
Materi Pembelajaran : Gejala alam
D.
Strategi Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, demonstrasi,
eksperimen dan diskusi kelompok
b.
Model : Contektual
Teaching Learning
A.
Langkah-langkah pembelajaran
1)
Pertemuan I
a.
Pendahuluan
Apersepsi dan
motivasi
- Guru
membimbing dan mengarahkan untuk mengajak siswa melakukan pengamatan diluar
kelas lalu bertanya apakah hewan tergolong komponen biotik atau abiotik?
- Pernahkah
kalian melihat pertumbuhan tanaman kacang hijau, bagaimanakah prosesnya?
Prasyarat
Pengetahuan
- Apakah pengertian komponen abiotik dan biotik itu?
b.
Kegiatan Inti
·
Menyajikan informasi / pertanyaan
- Guru
membimbing siswa untuk mengidentifikasi sebuah masalah,masalah tersebutsiswa
dapat mengamati benda-benda diluar kelas, kemudian guru bertanya kepada siswa,
“ hewan dan tumbuhan tergolong komponen biotik atau abiotik? “ dan “air
tergolong apakah biotik atau abiotik?”
- Guru membagi tugas
siswa dan membentuk sebuah kelompok
·
Membuat Hipotesis
- Guru
memberikan kesempatan siswa untuk mencurahkan pendapat dalam membuat hipotesis
·
Merancang percobaan
- Guru
memberikan kesempatan dan mengarahkan siswa untuk proses langkah-langkah
merancang dalam percobaan/ pengamatan yang sesuai dengan hipotesis yang akan
dilakukan.
- Guru
membimbing siswa mengurutkan langkah-langkah percobaan
·
Melakukan pecobaan untuk memperoleh
informasi
- Guru
membimbing siswa untuk mendapatkan informasi melalui pengamatan
- Guru
memberikan kesempatan pada tiap-tiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi
berupa pengolahan data yang terkumpul.
c.
Kegiatan Penutup
·
Membuat kesimpulan
- Guru bersama
siswa, setelah melakukan kegiatan hasil diskusi kelas dari hasil demonstrasi
siswa diberi kesempatan mengadakan latihan
-
Guru membmbing siswa dalam membuat
kesimpulan dari hasil pengolahan data.
- Guru
mengarahkan siswa untuk mempresentasikan dari hasil pengamatan.
-
Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk mencatat hasil pemecahan masalah dari pengamatan
2)
Pertemuan II
a)
Pendahuluan
Motivasi dan
apresepsi
§
Pernahkah kamu melihat pelangi dan
gerhana matahari?
§
Bagaimana kejadiannya?
Prasyarat
pengetahuan
§
Amatilah lingkungan sekitarmu
tentang kejadian yang kamu temukan pada lingkungan biotik dan abiotik
b)
Kegiatan inti
a.
Persiapan
Guru memilih eksperimen apa yang
akan di tugaskan kepada siswa
Guru merencanakan langkah-langkah
percobaan seperti : apa tujuan peralatan yang digunakan, bagaimana tata cara
merangkai alat percobaan, data yang harus dikumpulkan siswa ,bagaimana
menganalisis data, dan apa kesimpulan
Guru mempersiapkan semua peralatan
yang akan digunakan sehingga pada saat siswa mencoba semua siap dan lancar
b.
Pelaksanaan
Guru mengajukan sebuah masalah
kepada siswa yang akan dipercobakan
Guru menjelaskan dan
mendemonstrasikan suatu prosedur atau proses
Pada saat percobaan , Guru mengorganisasikan dan berkeliling melihat
bagaimana siswa melakukan percobaannya dan memberikan masukan kepada siswa
Bila ada peralatan yang macet, Guru
membantu siswa agar alat tersebut dapat berjalan dengan baik
Guru merencanakan untuk tugas
kelompok berdiskusi dan membimbing siswa membentuk kelompok
c)
Kegiatan penutup
Membantu siswa
dalam menarik kesimpulan dengan percobaan yang dilakukan
Bila siswa
membuat laporan, maka guru harus memeriksanya
Guru
memberikan tugas siswa tersebut untuk mempresentasikan di kelas
B.
Sumber belajar
Paroji dan Haryati, Platinum jelajah Biologi 1 untuk kelas VII
SMP dan MTs, Solo: PT Tiga
Serangkai, 2009.
Slamet
Prawirohartono.dkk., Sains Biologi kelas VII Semester 1, Jakarta: Bumi
Aksara, 2008, cet 1.
Saktiyono, IPA Biologi SMP dan MTs Jilid 1
untuk kelas VII, Jakarta : Erlangga (EKSIS), 2004.
Ø
LKS IPA semester genap kelas VII
SMP
Ø
Lingkungan sekitar
Ø
Alat-alat praktikum
C.
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
penilaian
·
Tes tertulis
·
Tes unjuk kerja
b. Bentuk
instrumen
· Uraian dan PG
·
Uji petik kerja Prosedur dan produk
c.
Contoh instrumen
·
Instrumen essay
Ø Apa yang
dimaksud dengan lingkungan biotik dan abiotik?
Kunci :
lingkungan biotik ialah lingkungan yang berhubungan dengan makhluk hidup
sedangkan lingkungan abiotik ialah lingkungan yang berhubungan dengan benda tak
hidup
Skor : 20
· Comtoh tes PG
Ø Tergolong
apakah komponen biotik?
a.
pengukuran batang tumbuhan
b.
tanah longsor
c.
banjir
d.
gerhana matahari
·
Uji petik kerja prosedur dan produk
Amati
dengan cemat macam-macam objek biologi yang ada dilingkunganmu,
mengamati lingkungan sekolah,
rumah, sawah, atau sungai. Catat semua kejadian/peristiwa yang kamu lihat atau
yang dilakukan oleh objek-objek yang kamu temukan.!
Tabel
pengamatan
No.
|
Nama objek
|
Ciri-ciri
fisik
|
Kejadian/aktivitas
|
1
2
3
|
Gempa bumi
angin
hama tanaman
|
Rubrik
A
|
Aspek
penilaian
Performance
|
Skor
|
B
|
Aspek
penilaian
hasil
|
Skor
|
1.
Melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur
|
40
|
1 Kelengkapan data
|
40
|
||
2.
Kecermatan
|
10
|
2 Analisis Data
|
30
|
||
3.
Ketelitian dengan menggunakan alat
|
10
|
3 Kelengkapan
Laporan
|
10
|
||
4.
Kerapian
|
20
|
4 Kesimpulan
|
10
|
||
5.
Efektifitas Waktu
|
20
|
5 Efektifitas Waktu
|
10
|
||
Jumlah
|
100
|
Jumlah
|
100
|
Batang,
14 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) ( )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar