RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah : SMP Nusantara
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII
/ 2
Standar Kompetensi
-
Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
Kompetensi Dasar
1.3 Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala alam
Indikator
a)
Memegang / membawa dan
memperlakukan alat dan bahan penelitian secara aman
b)
Mmendeskripsi bahan-bahan dan bahan
yang dapat menimbulkan penyakit
c)
Memperlakukan bahan-bahan berbahaya
dengan hati-hati
d)
Mengidentifikasi secara cermat
simbol-simbol dalam laboratorium
Alokasi Waktu : 4
jam x 40’ ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
A.
Produk
1)
Siswa dapat memperlakukan alat dan
bahan penelitian secara aman
2)
Siswa dapat menyebutkan bahan–bahan
berbahaya dan bahan yang dapat menimbulkan penyakit
3)
Siswa dapat menjelaskan secara
benar dan tepat simbol-simbol dalam laboratorium
B. Proses
1)
Siswa dapat melakukan
langkah-langkah peraturan dilaboratorium
2)
Siswa dapat memahami petunjuk
keselamatan sebelum melakukan pengamatan
C. Ketrampilan
sosial
1)
Siswa dapat berpartisipasi dalam
proses pengamatan gejala alam
2)
Siswa dapat mengajukan pertanyaan
dalam pembelajaran gejala alam
3)
Siswa dapat menjawab pertanyaan / menyampaikan
pendapat
B. Materi
Pembelajaran : Keselamatan Kerja
C. Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ekperimen, demonstrasi
dan diskusi tanya jawab
b.
Model : Direct
intruction ( DI )
Examples non examples
D. Langkah-langkah
pembelajaran :
a.
Pertemuan I
a)
Pendahuluan
oApersepsi dan
motivasi
Apakah kalian tahu bahaya yang di
timbulkan oleh zat kimia?
o
Prasyarat Pengetahuan
Jelaskan
bahan-bahan kimia yang berbahaya?
Sebutkan
simbol-simbol keselamatan kerja?
b)
Kegiatan Inti
· Menyajikan
informasi / pertanyaan
- Guru mendata
bahan- bahan kimia yang ada di laboratorium
- Guru
memberikan data bahan kimia di laboratorium kepada siswa
· Pelaksanaan
-
Guru mengorganisasikan siswa untuk
membentuk kelompok
-
Guru membimbing siswa untuk
mengelompokkan dengan benar dalam jenis bahan kimia yang bersifat berbahaya
mudah terbakar, eksplosif menyebabkan radiasi, oksidatif, korosif dan beracun pada
kertas yang sudah diberikan
-
Guru membimbing siswa untuk
menjelaskan simbol-simbol dengan tepat pada kelompok bahan kimia yang berbahaya
-
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk diskusi mengerjakan LKS
c)
Kegiatan Penutup
· Evaluasi
- Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan hasil pengelompokkan dan hasil diskusi
- Guru meminta
siswa untuk membuat tata tertib laboratorium
b.
Pertemuan II
Langkah –langkah pembelajaran
1)
Pendahuluan
o Motivasi dan
apersepsi
Apa yang terjadi jika kalian menumpahkan pembakar
spiritus saat ada korek api menyala jatuh?
oPrasyarat
pengetahuan
Bahan-bahan kimia mengandung resiko tertentu
Hati-hati terhadap penggunaan bahan-bahan kimia.
2)
Kegiatan inti
-
Guru mempersiapkan gambar-gambar
sesuai dengan tujuan pembelajaran
-
Guru menampilkan gambar di papan
atau ditayangkan melalui slide atau OHP
-
Guru memberi petunjuk dan
memberikan kesempatan pada siswa untuk memperhatikan atau menganalisis gambar
-
Melalui diskusi, guru membagikan
kelompok pada siswa menjadi 2-3 orang,
dalam hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
-
Tiap-tiap kelompok, guru memberi
kesempatan pada siswa untuk membacakan hasil diskusinya
3)
Kegiatan penutup
-
Mulai dari komentar / hasil diskusi
siswa, guru mulai menjelaskan lagi materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
-
Guru memberikan kesempatan pada
siswa untuk memberi kesimpulan dari hasil diskusi dan
- Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasi hasil diskusi
D.
Sumber belajar
Paroji dan Haryati, Platinum jelajah
Biologi 1 untuk kelas VII SMP dan MTs, Solo: PT Tiga Serangkai, 2009.
Slamet Prawirohartono.dkk., Sains Biologi
kelas VII Semester 1, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, cet 1.
Saktiyono, IPA Biologi SMP dan MTs Jilid 1
untuk kelas VII, Jakarta : Erlangga (EKSIS), 2004.
Ø LKS IPA
semester genap kelas VII SMP
Ø Alat- alat
Praktikum
Ø Media slide
E.
Penilaian Hasil Belajar
i. Teknik
penilaian
-
Tes tertulis
-
Tes unjuk kerja
ii. Bentuk
instrumen
- Tes essay dan
PG
- Uji petik
prosedur dan produk
iii. Contoh
instrumen
·
Tes essay
Mengapa didalam laboratorium perlu
diberlakukan peraturan?
Kunci: karena adanya peraturan,
agar kita menaati, menjaga kebersihan dan kedisiplinan dalam peraturan
Skor: 20
·
Tes PG
Ada beberapa
cara yang mencegah terjadinya kecelakaan dilaboretorium salah satunya adalah
a
keadaan stop kontak, dan perangkat listrik lainnya harus dpperiksa
secara teratur
b
mengambil bahan kimia yang berbentuk padat
c
menuangkan larutan ke gelas kimia
d jangan mencium langsung bahan
kimia dari suatu wadah
·
uji petik kerja prosedur dan produk
perhatikan dan
amati dengan baik alat-alat yang tersedia didalam laboratorium IPA. Catatlah ke
dalam buku tugas nama dan kegunaan
masing-masing alat- alat tersebut, apabila ada yang belum kalian ketahui
o termometer
o pembakar
spirtus
o gelas kimia
o cawan
o tabung enleyer
Rubrik
A
|
Aspek
penilaian
Performance
|
skor
|
B
|
Aspek
penilaian
hasil
|
Skor
|
1 Melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur
|
40
|
1 Kelengkapan data
|
40
|
||
2 Kecermatan
|
10
|
2 Analisis Data
|
30
|
||
3 Ketelitian dengan menggunakan alat
|
10
|
3 Kelengkapan Laporan
|
10
|
||
4 Kerapian
|
20
|
4 Kesimpulan
|
10
|
||
5 Efektifitas Waktu
|
20
|
5
Efektifitas Waktu
|
10
|
||
Jumlah
|
100
|
Jumlah
|
100
|
Batang , 14 Mei
2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) ( )
NIP. NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar