Kamis, 07 Juni 2012

RPP tentang keselamatan kerja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Sekolah                :         SMP Nusantara
Mata Pelajaran     :         IPA
Kelas / Semester   :         VII / 2

Standar Kompetensi                   
-       Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar                       
1.3  Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala alam
Indikator                          
a)    Memegang / membawa dan memperlakukan alat dan bahan penelitian secara aman
b)   Mmendeskripsi bahan-bahan dan bahan yang dapat menimbulkan penyakit
c)    Memperlakukan bahan-bahan berbahaya dengan hati-hati
d)   Mengidentifikasi secara cermat simbol-simbol dalam laboratorium

Alokasi Waktu      :  4 jam x 40’ ( 2 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran                    
A.  Produk
1)   Siswa dapat memperlakukan alat dan bahan penelitian secara aman
2)   Siswa dapat menyebutkan bahan–bahan berbahaya dan bahan yang dapat menimbulkan penyakit
3)   Siswa dapat menjelaskan secara benar dan tepat simbol-simbol dalam laboratorium
                                                                                                 
B.  Proses
1)   Siswa dapat melakukan langkah-langkah peraturan dilaboratorium
2)   Siswa dapat memahami petunjuk keselamatan sebelum melakukan pengamatan

C.  Ketrampilan sosial
1)   Siswa dapat berpartisipasi dalam proses pengamatan gejala alam
2)   Siswa dapat mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran gejala alam
3)   Siswa dapat menjawab pertanyaan / menyampaikan pendapat
 
B.  Materi Pembelajaran :  Keselamatan Kerja

C.  Strategi Pembelajaran                                
a.    Metode            :  Ekperimen, demonstrasi dan diskusi tanya jawab
b.    Model              :  Direct intruction ( DI )
                           Examples non examples

D.  Langkah-langkah pembelajaran      :
a.    Pertemuan I
a)    Pendahuluan
oApersepsi dan motivasi
*      Apakah kalian tahu bahaya yang di timbulkan oleh zat kimia?
o  Prasyarat Pengetahuan
*   Jelaskan bahan-bahan kimia yang berbahaya?
*   Sebutkan simbol-simbol keselamatan kerja?

b)   Kegiatan Inti
·  Menyajikan informasi /  pertanyaan
-       Guru mendata bahan- bahan kimia yang ada di laboratorium
-       Guru memberikan data bahan kimia di laboratorium kepada siswa

·  Pelaksanaan
-       Guru mengorganisasikan siswa untuk membentuk kelompok
-       Guru membimbing siswa untuk mengelompokkan dengan benar dalam jenis bahan kimia yang bersifat berbahaya mudah terbakar, eksplosif menyebabkan radiasi, oksidatif, korosif dan beracun pada kertas yang sudah diberikan
-       Guru membimbing siswa untuk menjelaskan simbol-simbol dengan tepat pada kelompok bahan kimia yang berbahaya
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk diskusi mengerjakan LKS

c)    Kegiatan Penutup
·  Evaluasi
-       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan hasil pengelompokkan dan hasil diskusi
-       Guru meminta siswa untuk membuat tata tertib laboratorium
 
b.    Pertemuan II

Langkah –langkah pembelajaran

1)   Pendahuluan
o  Motivasi dan apersepsi
*   Apa yang terjadi jika kalian menumpahkan pembakar spiritus saat ada korek api menyala jatuh?
oPrasyarat pengetahuan
*   Bahan-bahan kimia mengandung resiko tertentu
*   Hati-hati terhadap penggunaan bahan-bahan kimia.

2)   Kegiatan inti
-       Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
-       Guru menampilkan gambar di papan atau ditayangkan melalui slide atau OHP
-       Guru memberi petunjuk dan memberikan kesempatan pada siswa untuk memperhatikan atau menganalisis gambar
-       Melalui diskusi, guru membagikan kelompok pada  siswa menjadi 2-3 orang, dalam hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
-       Tiap-tiap kelompok, guru memberi kesempatan pada siswa untuk membacakan hasil diskusinya

3)   Kegiatan penutup
-       Mulai dari komentar / hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan lagi materi sesuai tujuan yang  ingin dicapai
-       Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk memberi kesimpulan dari hasil diskusi dan
-       Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasi hasil diskusi  

D.  Sumber belajar
Paroji dan Haryati, Platinum jelajah Biologi 1 untuk kelas VII SMP dan MTs, Solo: PT Tiga Serangkai, 2009.
Slamet Prawirohartono.dkk., Sains Biologi kelas VII Semester 1, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, cet 1.
Saktiyono, IPA Biologi SMP dan MTs Jilid 1 untuk kelas VII, Jakarta : Erlangga (EKSIS), 2004.          
Ø LKS IPA semester genap kelas VII SMP
Ø Alat- alat Praktikum
Ø Media slide

E.   Penilaian Hasil Belajar
               i.     Teknik penilaian
-                      Tes tertulis
-                      Tes unjuk kerja

             ii.     Bentuk instrumen
-       Tes essay dan PG
-       Uji petik prosedur dan produk

           iii.     Contoh instrumen
·      Tes essay
Mengapa didalam laboratorium perlu diberlakukan peraturan?
Kunci: karena adanya peraturan, agar kita menaati, menjaga kebersihan dan kedisiplinan dalam peraturan
Skor: 20

·      Tes PG
Ada beberapa cara yang mencegah terjadinya kecelakaan dilaboretorium salah satunya adalah
a  keadaan stop kontak, dan perangkat listrik lainnya harus dpperiksa secara teratur
b  mengambil bahan kimia yang berbentuk padat
c  menuangkan larutan ke gelas kimia
d jangan mencium langsung bahan kimia dari suatu wadah 

·      uji petik kerja prosedur dan produk
perhatikan dan amati dengan baik alat-alat yang tersedia didalam laboratorium IPA. Catatlah ke dalam buku tugas nama dan  kegunaan masing-masing alat- alat tersebut, apabila ada yang belum kalian ketahui
o  termometer
o  pembakar spirtus
o  gelas kimia
o  cawan
o  tabung enleyer
Rubrik
A
Aspek penilaian
Performance
skor
B
Aspek penilaian
hasil
Skor

1 Melakukan   kegiatan sesuai dengan prosedur
40

1 Kelengkapan data
40

2   Kecermatan

10

2 Analisis Data
30

3   Ketelitian dengan menggunakan alat
10

3 Kelengkapan Laporan
10

4  Kerapian

20

4 Kesimpulan
10

5  Efektifitas Waktu
20

5  Efektifitas Waktu
10
Jumlah
100
Jumlah
100


                                                                    Batang ,  14 Mei 2012


Mengetahui,




   Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran



   (                                   )                                                               (                               )
   NIP.                                                                                                NIP





Tidak ada komentar: