RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
/ 2
Standar Kompetensi
-
Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
Kompetensi Dasar
1.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan
Indikator
a)
Menjelaskan konsep gerak dengan
disertai contohnya
b)
Membedakan macam-macam gerak dan
sifatnya
c)
Memahami perbedaan tentang jarak dan
perpindahan
d)
Menentukan perbedaan antara
kecepatan dengan kelajuan
e)
Menjelaskan konsep kelajuan
rata-rata
f)
Mengidentifikasi gerak lurus
beratuarn serta contohnya
g)
Membuat fungsi grafik s-t untuk GLB
dan fungsi grafik v-t untuk GLBB
h)
Mengidentifikasi ciri-ciri GLBB
dipercepat dan diperlambat
i) Menemukan
persamaan kelajuan ( m/s)
j) Menjelaskan
konsep percepatan
k)
Menjelaskan aplikasi GLB dan GLBB
dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 6 jam x 40’ ( 3 x pertemuan )
A.
Tujuan Pembelajaran
A.
Produk
1)
Siswa dapat mendefinisikan
pengertian konsep dasar gerak
2)
Siswa dapat memahami tentang jarak dan
perpindahan
3)
Siswa dapat membedakan kelajuan dan
kecepatan
4)
Siswa dapat menjelaskan konsep
kelajuan rata-rata
B.
Proses
1)
Siswa dapat mengukur laju dengan
tiker timer
2)
Siswa dapat menganalisa grafik s-t
dan v-t
C. Ketrampilan
sosial
1)
Siswa dapat berpartisipasi dalam
proses pengamatan gejala alam
2)
Siswa dapat mengajukan pertanyaan
dalam pembelajaran gejala alam
3)
Siswa dapat menjawab pertanyaan
/menyampaikan pendapat
B.
Materi Pembelajaran : Gerak Lurus
C.
Strategi Pembelajaran
a.
Metode : 1 Ceramah
2
Diskusi kelompok
3
Demonstrasi
b.
Model : 1 DI (Direct Introduction)
2 Kooperatif
pada ( turnamen)
3 PBI (Problem Based
Inrocduction)
D.
Langkah-langkah pembelajaran
1)
Pertemuan I
a)
Pendahuluan
o Apersepsi dan
motivasi
Apakah arti dari gerak
- Pernahkah kamu
melihat mobil bergerak ?
- Bagaimana
arahnya?
o Prasyarat
Pengetahuan
- Apa arti
sebuah benda dikatakan bergerak?
- Apa perbedaan
besaran skalar dan besaran vektor?
- Sebutkan
definisi tentang gerak lurus?
- Sebutkan
besaran-besaran yang berkaitan dengan gerak lurus?
b)
Kegiatan Inti
·
Persiapan
v Guru
menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat
pendukung yang dibutuhkan
v Guru menciptakan
kondisi belajar siswa
· Pelaksanaan
v Guru
menyajikan dan menyampaikan materi pada siswa
v Guru
membimbing siswa dalam pembentukan kelompok
v Secara
kelompok, siswa mendiskusikan pengertian dari gerak, kemudian membuat
kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengomunikasikan
v Guru
menanggapi jawaban siswa dan memberikan informasi dengan benar
v Guru
mendemonstrasikan suatu alat peraga mengenai gerak, kemudian setiap kelompok
dapat mendiskusikan dari hasil pengamatan
v Guru
memerhatikan apa yang terjadi setiap tahap demonstrasi agar siswa dapat
melakukan dengan benar
v Guru
mempersiapkan dan melaksanakan pelatihan pada siswa sesuai dari demonstrasi
guru
c)
Kegiatan Penutup
·
Evaluasi
v Guru
memberikan pertanyaan atau memberikan respon terhadap jawaban siswa
v Guru
memberikan kesempatan tugas atau latihan pada siswa untuk menerapakan
ketrampilan
2)
Pertemuan II
a.
Pendahuluan
oApersepsi dan
motivasi
- Pernahkah kamu
melihat penerjun yang terjun bebas dari pesawat ?
- Apakah kamu
melihat gerak kelereng jatuh dalam tabung kaca?
oPrasyarat
Pengetahuan
- Sebutkan
besaran satuan dari kecepatan?
- Apakah
pengertian dari GLB?
b.
Kegiatan Inti
·
Persiapan
v
Guru menciptakan suasana kondisi
belajar pada siswa
v Guru
menyampaikan tujuan materi yang ingin dicapai pada materi tersebut dan
memotivasi pada siswa
·
Pelaksanaan
v Guru menyajikan
pada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan atau mengulas
materi pada pertemuan 1
v Guru
menjelaskan pada siswa bagaimana membentuk sebuah kelompok belajar dan membantu
setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
v Guru
membimbing kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka
v Guru
menjelaskan aturan dari permainan agar tertib
v Guru membuat
pertanyaan dan jawaban untuk menguji pemahaman dan pengingatan pelajaran
v Guru
mengorganisasi pada siswa untuk memulai turnamen
c.
Kegiatan penutup
·
Evaluasi
v
Guru mengevaluasi hasil belajar
tentang materi yang telah dicapai atau dipelajari kemudian masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
v
Guru mencari cara untuk menghargai
baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok
3)
Pertemuan III
I. Pendahuluan
o Apersepsi dan
motivasi
- Pernahkah kamu
naik pesawat terbang? bagaimana gerakannya?
- Apakah kamu
tahu gerak buah kelapa jatuh bebas dari tangkainya?
o Prasyarat
Pengetahuan
- Apakah arti
dari percepatan ? dan sebutkan satuannya?
- Apakah arti
dari GLBB ?
II. Kegiatan Inti
·
Menyajikan informasi / pertanyaan
v Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan,
mengajukan fenomena atau demontrasi untuk memunculkan masalah
v Guru
memotivasi siswa untuk terlibat dalam suatu pemecahan masalah yang dipilih
·
Kegiatan inti
v Guru membantu
siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan
dengan masalah tersebut
v Guru mendorong
siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai
v Guru membantu
siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan serta
membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
III. Kegiatan
penutup
·
Evaluasi
v Guru membantu
siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi tentang penyelidikan mereka dan
proses-proses yang mereka gunakan
v Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk
mempresentasikan hasil
E.
Sumber belajar
Abdi guru, tim, IPA Fisika untuk
SMP kelas VII, Jakarta: Erlangga, 2002.
Budi Prasodjo, dkk., Fisika 1 SMP kelas VII, Jakarta :
Yudhistira, 2010, cet 1.
Kanginan, Marthen, MSc., IPA
Fisika 1 untuk SMP kelas VII, Jakarta : Erlangga, 2007
Ø LKS IPA
terpadu kelas VII SMP
Ø Alat peraga
F.
Penelitian Hasil Belajar
i. Teknik
penilaian
-
Tes tertulis
-
Tes unjuk kerja
ii. Bentuk
instrumen
- Isian dan PG
- Tes
identifikasi
iii. Contoh
instrumen
o
Tes isian
Apa yang dimaksud dengan gerak?
Suatu benda berderak akan mengalami
kedudukan pada benda itu selalu berubah terhadap suatu titik acuan
Skor : 10
o
Tes PG
Sebuah kelereng digulirkan dari
bagian atas bidang miring. Kelereng tersebut mengalami...
a. GLB
b. gerak
diperlambat
c. GLBB
d. gerak
lurus
o
Tes identifikasi
Amir berlari lurus dengan kelajuan
tetap 4 m/s. Berapa lama waktu yang diperlukan
untuk menempuh jarak:
a 5 km
b 400 m
Rubrik
A
|
Aspek
penilaian
Performance
|
Skor
|
B
|
Aspek
penilaian
hasil
|
Skor
|
1.
Melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur
|
40
|
1 Kelengkapan data
|
40
|
||
2.
Kecermatan
|
10
|
2 Analisis Data
|
30
|
||
3.
Ketelitian dengan menggunakan alat
|
10
|
3
Kelengkapan Laporan
|
10
|
||
4.
Kerapian
|
20
|
4 Kesimpulan
|
10
|
||
5.
Efektifitas Waktu
|
20
|
5 Efektifitas Waktu
|
10
|
||
Jumlah
|
100
|
Jumlah
|
100
|
Batang,
14 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) ( .)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar