SILABUS
Sekolah : SMP Nusantara
Kelas : VII
Mata pelajaran : IPA
Semester : 2
Standar Kompetensi : -Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Intrumen
|
Contoh Intrumen
|
||||||
1.1.
Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan
sistematik untuk memperoleh informasi gejala- gajala alam biotik dan abiotik
|
Gejala
gejala alam meliputi:
1 Gejala alam biotik
2 Gejala alam abiotik
3 Pengamat
an Objek
|
o
Mengenal ciri-ciri gejala alam biotik dan
abiotik serta contoh nya
o
Menerapkan sikap ilmiah
|
- Menjelaskan
pengertian lingkungan biotik dan abiotik
- Menyebutkan komponen
biotik dan komponen abiotik
- Membedakan
gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik beserta abiotik melalui
pengamatan
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
§ Tes essay
§ Tes PG
§ Tes PG
|
· Apa yang
dimaksud dengan lingkungan biotik dan abiotik?
· Tergolong
apakah komponen biotik?
a.
Mengukur batang Tumbuhan
b.
Tanah longsor
c.
Banjir
d.
Gerhana matahari
|
4 jam x 40’
( 2x pertemuan)
|
o
Slamet Prawirohartono,sains Biologi,
kelas 7 SMP Semester 1,Jakarta : Bumi Aksara.
o Saktiyono,IPA
Biologi SMP dan Mts Jilid 1 untuk kelas VII, Jakarta : Erlangga, (Eksis),
2004
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Intrumen
|
Contoh Intrumen
|
||||||
1.1. Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematik untuk memperoleh
informasi gejala- gajala alam biotik dan
abiotik
|
Gejala gejala alam meliputi:
1 Gejala alam biotik
2 Gejala alam abiotik
3 Pengamat
an Objek
|
o
Memiliki ketrampilan dalam melakukan
pengamatan objek
|
- Mengaplikasikan
kegiatan kinerja ilmiah
- Memahami
langkah-langkah metode ilmiah
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
§ Tes essay
§ Tes essay
|
· Sebutkan
tata cara peraturan dalam laboratorium!
· Bagaimana
langkah-langkah metode ilmiah?
|
4 jam x 40’
( 2x pertemuan)
|
o
Paroji dan Haryati, Platinum jelajah Biologi 1 untuk kelas
VII SMP dan MTs, Solo: PT Tiga
Serangkai, 2009.
o
LKS IPA terpadu Kelas VII SMP
o
Lingkungan sekitar
|
1.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Gerak lurus meliputi :
1)
Pengertian gerak
2)
Macam-macam gerak
3)
Jarak dan perpindahan
|
o
Mendefinisikan tentang gerak
o
Memahami macam-macam gerak beserta contoh
dalam kehidupan
|
- Menjelaskan
pengertian gerak
- Membedakan
macam-macam gerak dan serta contoh
|
· Tes tertulis
|
§ Tes uraian
§ Tes PG
|
· Apa yang dimaksud
dengan gerak?
· Yang bukan
merupakan gerak benda terhadap acuan orang yang melakukan aktivitas adalah
a.
barbel yang diangkat dari lantai
b.
sepeda yang sedang melaju
|
6 jam x 40’
(3x pertemuan)
|
o
Abdi guru, tim, IPA Fisika untuk SMP
kelas VII, Jakarta: Erlangga, 2002.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Intrumen
|
Contoh Intrumen
|
||||||
1.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
|
4)
Kecepatan dan kelajuan
5)
Kelajuan rata-rata
6)
Gerak lurus beraturan
7)
Gerak lurus berubah beratuaran
|
o
Mengidentifikasikan jarak dan perpindahan
o
Mendeskripsikan kecepatan dan kelajuan
o
Mendeskripsikan kelajuan rata-rata
o
Merumuskan tentang gerak lurus beraturan
o
Menyelidiki GLB dengan Pewaktu ketik
o
Menentukan grafik jarak terhadap waktu untuk
gerak lurus beraturan
|
- Menjelaskan
tentang jarak dan perpindahan
- Menentukan
perbedaan antara kecepatan dengan kelajuan
- Menjelaskan
konsep tentang kelajuan rata-rata
- Menjelaskan pengertian
tentang gerak lurus beraturan
- Melakukan
pengamatan dari percobaan GLB dengan pewaktu ketik
|
· Tes tertulis
· Tes unjuk
Kerja
· Tes tertulis
|
§ tes uraian
§ tes
identifikasi
§ tes uraian
|
c.
bola yang ditendang
d.
lembing yang dilempar
§ Jelaskan
perbedaan jarak dan perpindahan!
§ Amir berlari
lurus dengan kelajuan tetap 4 m/s. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak:
a. 5 km
b. 400 m
§ sebuah mobil
bergerak lurus dengan arah tetap Mula-mula mobil bergerak dengan kelajuan 25
km/jam selama 4 menit kemudian dengan kelajuan 50km/jam selama 8 menitdan akhirmya dengan kelajuan 23km/jam
selama 2 menit. Berapa kelajuan rata-rata mobil dalam seluruh perjalanan?
|
6 jam x 40’
(3x pertemuan)
|
o
Kanginan, Marthen, MSc., IPA Fisika 1
untuk SMP kelas VII, Jakarta : Erlangga, 2007
o
Budi Prasodjo, dkk., Fisika 1 SMP kelas
VII, Jakarta :Yudhistira, 2010, cet 1.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Intrumen
|
Contoh Intrumen
|
||||||
1.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
|
o
Mendefinisikan tentang percepatan
o
Mendeskripsikan tentang gerak lurus berubah
beraturan
o
Melakukan penyelidikan GLBB dengan pewaktu
ketik
o
Menunjukkan penerapan konsep GLBB dan GLB
dalam kehidupan
|
- Mengambarkan
dan menyimpulkan dari grafik jarak terhadap waktu untuk gerak lurus beraturan
- Menjelaskan
pengertian percepatan
- Menjelaskan
konsep tentang GLBB (dipercepat dan diperlambat)
|
· Tes tertulis
· Tes unjuk
kerja
· Tes tertulis
|
§ Tes uraian
§ Tes
identifikasi
§ Tes PG
|
§ Apa yang
dimaksud dengan GLB?
§ Gambarkan
jejak/ pola ticker timer untuk gerak diperlambat
§ Sebuah
kelereng digulirkan dari bagian atas bidang miring. Kelereng tersebut
mengalami...
a.
GLB
b.
gerak diperlambat
c.
GLBB
d.
gerak lurus
|
6 jam
x 40’
(3x pertemuan)
|
o
Alat peraga
o
LKS IPA terpadu kelas VII SMP
|
|
.1.3 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala- gejala alam
|
Keselamatan kerja dilaboratorium
meliputi :
|
o
Mencari informasi dari berbagai sumber
tentang keselamatan kerja
|
- Menjelaskan
hakikat keselamatan kerja
|
· Tes tertulis
|
§ Tes essay
|
§ Apakah
pengetian dari keselamatan kerja?
|
o
Slamet Prawirohartono,sains Biologi,
kelas 7 SMP Semester 1,Jakarta : Bumi Aksara.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Intrumen
|
Contoh Intrumen
|
||||||
1.3 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala- gejala alam
|
1 Keselamatan kerja
2.
Bahan-bahan dan sumber
berbahaya
Dilaboratorium
3.
Simbol-simbol berbahaya dilaboratorium
|
o
Memahami petunjuk-petunjuk yang harus
ditaati dalam peraturan apabila
terjadi kecelakaan dilaboratorium
o
memperlakukan alat dan bahan penelitian
secara aman
o
menyebutkan bahan –bahan berbahaya dan bahan
yang dapat menimbulkan penyakit
|
-
Memegang/membawa dan memperlakukan alat dan
bahan penelitian secara aman
-
Mendeskripsi bahan-bahan dan bahan yang
dapat menimbulkan penyakit
-
Memperlakukan bahan-bahan berbahaya dengan
hati-hati
-
Memperlakukan bahan-bahan berbahaya dengan
hati-hati
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
§ Tes essay
§ Tes Essay
|
· Mengapa
didalam laboratorium perlu diberlakukan peraturan?
· Sebutkan
alat-alat yang ada di laboratorium?
|
4 jam x 40’
( 2x pertemuan)
|
o
Saktiyono,IPA BiologiSMP Dan MtsJilid
1untuk kelas VII, Jakarta : Erlangga (EKSIS), 2004.
o
Paroji dan Haryati,
Platinum jelajah Biologi 1 untuk kelas VII SMP dan MTs, Solo: PT Tiga Serangkai, 2009
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Intrumen
|
Contoh Intrumen
|
|||||||
1.3 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala- gejala alam
|
o
menjelaskan secara benar dan tepat
simbol-simbol dalam laboratorium
|
Mengidentifikasi secara cermat
simbol-simbol dalam laboratorium
|
· Tes tertulis
|
§ Tes essay
|
· Apa arti
dari simbol radioaktif? dan bagaimana cara menggunakan bahan tersebut?
|
4 jam x 40’
( 2x pertemuan)
|
o
Media slide
o
Alat-alat praktikum
|
Batang, Mei 2012
Mengetahui
Kepala sekolah Guru
Mata Pelajaran
( ) ( )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar